News
Loading...

AREK KEPANJEN

Organisasi Sosial & Komunitas

Sosial - Pendidikan - Budaya & Entertainment!


Masih dalam rangkaian #donAKsi #7tahunAK , Minggu 30 Oktober 2016 bertempat di pendopo Kawedanan Kepanjen yang sekarang menjadi kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Malang berlangsung Sarasehan Budaya dengan tema Menggali AKar Sejarah Kepanjen. Acara tersebut menghadirkan narasumber Mbah Brintik ( Sastrawan , Pelaku Sejarah ) , Mas Agung Cahyo ( Penggali Sejarah ) , Pak Sam Timur ( Sejarawan, Komikus ). Hadir pula Bapak Camat Kepanjen, perwakilan Polres Kabupaten Malang, perwakilan beberapa komunitas dan tentu saja member komunitas Arek Kepanjen.
Dalam sambutannya Cak Mat ( Ketua 1 AK ) menyampaikan bahwa tujuan akhir dari sarasehan ini adalah untuk mengetahui jatidiri kota Kepanjen yang kemudian akan diwujudkan menjadi sebuah ikon kota Kepanjen. Sementara Mbah Brintik menekankan perlunya generasi muda mengetahui dan mempelajari nilai-nilai budaya lokal Malang sehingga dapat melestarikannya.
Asal nama Kepanjen sendiri menurut Mbah Brintik berasal dari kata Panji yang artinya priyayi , abdi kerajaan, dan keturunan ningrat. Dahulu saat masa penjajahan Belanda para panji dari kerajaan-kerajaan sekitar Malang seperti Kediri, Mataram, Madura dan Lumajang yang tidak tunduk kepada perintah Belanda melarikan diri dari kerajaan dan berkumpul di daerah yang sekarang dinamakan Kepanjen. Para Panji itu kemudian banyak yang menimba ilmu kepada Sang Guru di daerah yang kini bernama Desa Sengguruh ( dari kata Sang Guru ).
Diakhir sarasehan Mas Agung memotivasi Arek Kepanjen untuk terus menggali, mempelajari, menjaga dan mengembangkan budaya bangsa. Karena bangsa Indonesia menyimpan budaya yang sangat ternilai mahal harganya, terbukti saat ini banyak peninggalan-peninggalan sejarah Indonesia yang diburu dan sudah terbeli oleh orang asing.






Share this article :

0 komentar :

Posting Komentar

New post

Sosial

Info Others »

Pendidikan

Info Others »

Publik Informasi

Info Others »

info BPJS